gravatar

seorang "Time Treveler" terekam dalam kamera di film Charlie Caplin?

m

Menepati jannji aane nih dari status facebook ane siang tadi. Kali ini ane coba membahas sebuah berita yang mungkin terdengar basi, tapi lumayan menarik buat saya. Yaitu soal mesin waktu dan seorang yang menjelajah waktu /  time treveler.
Yah mungkin emang terlalu mengada ada lah ide tentang mesin waktu, dan orang orang yang sangat religious pasti menentang soal ide mesin waktu. Tapi buat ane sendiri sebuah mesin waktu adalah sebuah mimpi terbesar manusia. Waktu tak akan dapat diputar, TAPI kalo waktu dapat diputar….hummm mungkin saya memilih tidak akan dilahirkan di dunia yang kejam ini. Hehehehe.
Oke kembali ke topic utama. Ada sesuatu yang menggelitik saya ketika browsing di internet. Saya menemukan kata seorang time triveler di film charli caplin. Hummmm otak usil saya mulai bergeliat. Saya mencoba memburu cuplikan film di YouTube. Dan akhirnya menemukanya, berikut video tersebut.


http://www.youtube.com/watch?v=Y6a4T2tJaSU

perhatikan gambar berikut ini



Oke. Sekarang apa yang anda simpulkan di sini?

Saya mencoba mengutip berita heboh yang pernah gempar di berbagai macam blog dan forum.

Time traveler terlihat di film Charlie Chaplin tahun 1928?
Pada tanggal 20 Oktober 2010, seorang sutradara film independen dari Irlandia mengupload sebuah rekaman yang berasal dari tahun 1928 yang sepertinya memperlihatkan seorang wanita sedang berbicara dengan menggunakan ponsel. Mungkinkah wanita itu seorang Time Traveler?

Bagaimana? Cukup hebohkah headline tersebut?

Buat yang malas nonton filmnya atau males nerjemahinya kita simak rangkuman dari film tersebut.
George Clarke, nama sutradara itu, menemukan rekaman itu dari DVD film Charlie Chaplin yang berjudul The Circus. Adegan itu sendiri bukan bagian dari film The Circus, melainkan adegan extra yang terdapat dalam DVD itu yang memperlihatkan sekumpulan orang-orang yang sedang menghadiri pemutaran perdana film tersebut. Clarke mengatakan:
"Satu-satunya kesimpulan yang bisa saya ambil - yang akan terdengar mengada-ngada bagi sebagian orang - wanita itu seorang Time Traveler."
Menurut Clarke ia telah memperlihatkan rekaman itu kepada lebih dari 100 orang dan tidak ada satu orang pun yang bisa memberikan penjelasan yang memuaskan.

Memang benar. Saya rasa memang tidak ada yang bisa memberikan teori yang bisa menjelaskan misteri ini dengan memuaskan (termasuk teori time travel). Tetapi saya akan mengajak kalian untuk melihat kisah ini dari sudut pandang yang berbeda-beda supaya kalian bisa memutuskan apa yang ingin kalian percayai.

Masihkah anda bertahan dengan misteri jika wanita tersebut seorang Time Treveler?

Jika wanita ini memang time traveler dan sedang berbicara di ponsel, pertanyaannya adalah: Mengapa ia begitu bodoh berjalan dengan santai sambil berbicara di ponsel di tengah keramaian yang penuh dengan kamera?

Jika ia memang sedang berbicara di ponsel, mengapa orang sekitarnya tidak bereaksi ketika melihat keganjilan itu?

Lalu, dengan siapa ia berbicara? dengan orang lain di tahun 1928? Jika iya, dengan apa sinyalnya dikirimkan? dengan satelitkah? satelit belum ada pada tahun itu.

Ataukah ia sedang berbicara dengan seseorang dari masa kini? Jika demikian, apakah sinyal telepon juga bisa melakukan perjalanan lintas waktu?

Mungkin kita berpikir, jika mereka bisa melakukan perjalanan lintas waktu, maka tentu saja mereka juga mampu menciptakan teknologi canggih untuk komunikasi antar waktu. Namun persoalannya perjalanan lintas waktu mundur ke masa lampau memiliki persoalannya sendiri. Karena itu fisikawan teoritis seperti Stephen Hawking tidak percaya kalau manusia bisa melakukan perjalanan lintas waktu ke masa lampau (Ia percaya manusia bisa ke masa depan, tetapi tidak ke masa lampau).

Bayangkan, jika wanita di adegan itu memang benar time traveler yang datang dari tahun 2010 atau 2011 misalnya. Ketika ia kembali ke masa kini, ia menemukan foto wajahnya terpampang di internet dan sedang dibahas dimana-mana. Menyadari telah melakukan keteledoran, ia segera kembali ke tahun 1928 untuk memperbaiki kesalahannya.

Di tahun 1928, persis saat pemutaran perdana film The Circus, ia melihat dirinya yang lain sedang berjalan sambil menelepon. Persis sebelum dirinya yang lain itu masuk ke dalam jangkauan kamera, ia segera menyetopnya dan berkata: "Jangan lewat situ, apakah kamu tidak menyadari kalau kamu masuk ke dalam rekaman film Chaplin yang kemudian ditemukan oleh seorang sutradara pada tahun 2010. Kamu membahayakan rahasia kita."

Menyadari hal itu, dia segera berbelok. Selamatlah rahasia mereka. Rekaman itu tidak pernah ada dan tiba-tiba postingan mengenai Time Traveler di film Chaplin lenyap dari seluruh website dan blog.

Tetapi masalahnya sekarang ada dua wanita time traveler dengan identitas yang sama.

Jika mereka berdua sama-sama kembali ke masa kini, bukankah sekarang ada dua wanita dengan identitas yang sama di masa kini?

Jika dua wanita ini kembali lagi ke tahun 1928, mereka berdua bisa bertemu dengan mereka yang lain di tahun 1928. Jadi jumlah mereka bertambah menjadi empat.

Siapakah yang berhak pulang dan tinggal dengan suaminya (yang cuma satu)?

Karena masalah-masalah seperti ini dan masalah lain seperti Grand Father Paradox, perjalanan lintas waktu ke masa lampau tidak mungkin bisa terjadi. Paling tidak, begitulah kata Hawking.

Pada saat saya mau mengakhiri tulisan ini, mungkin kalian kembali menginterupsi saya.

"Penjelasan ini tidak menjawab misteri ini. Wanita itu tidak terlihat seperti sedang menggaruk. Bagi saya ia terlihat seperti sedang menelepon walaupun posisi jarinya tidak wajar."

Nah, pertanyaan saya adalah:

"Jika kalian bisa percaya kalau wanita itu sedang menelepon dengan posisi jari yang tidak wajar, mengapa kalian tidak bisa percaya kalau wanita itu sedang menggaruk dengan posisi jari yang tidak wajar?"

Analysa ini saya dapatkan dari sini.


Penutup.
Apapun yang anda percayai benar semua dapat dijelaskan oleh orang lain yang menganggap itu tidak benar. Dan pliss mbanget. Hargai setiap pendapat orang. Dedicated for my friend who thinks he fest the ultimate truth. Hehehe piss ya maunta. Xixixixixixi. Tetapi sekali lagi, kita bebas menentukan apa yang ingin kita percayai..



bagus juga sampean punya pandangan.
saya adalah penggila teknologi tinggi walau cuma sebagai pengamat saja,astronomi juga kegilaan lain saya. tentu anda akan tau apa yang ada di otak saya saat melihat video seperti ini. film film beraroma mesin waktu memang selalu jadi favorit saya. nah bagaimana pandangan saya tentang video ini?
kalau lah betul film ini asli tanpa suntingan sama sekali,artinya video ini memang aneh dan membuat penasaran. pada saya mungkin juga wanita ini tengah acting dan di sengajakan karena tentu saja manusia jaman dulu pun pasti ada yang punya imajinasi tinggi membayangkan dan melakukannya,supaya gratis maka secara rahasia di melakukan gaya tersebut di depan kamera yg ada di holywood karena tentu saja masa itu tentu tak semua bisa mempunyai alat perekam video seperti sekarang ini. yang kedua mungkin benar wanita ini gatel dan menggaruknya sambil ngoceh...tapi...ok tak apalah...
tapi pandangan pribadi saya yang terkuat mengatakan,bahwa manusia memang akan mampu membuat mesin waktu walau entah kapan itu,mungkin saja beribu tahun mendatang saat manusia sudah super canggih dan akhirnya saling memusnahakan,maka pada saat itu terpikir untuk membuat alat ini dan mengirimkan team dengan misi memperbaiki masa lalu supaya tak terjadi hal yg tak di inginkan di masa depan. tentu proyek seperti ini adalah projek super rahasia antar negara,dan tak akan satupun manusia umum di beritahu,pasti akan di jaga secara ketat. banyak hal yang ada dan terjadi di sekitar kita tanpa pengetahuan orang banyak,sesuatu yang tak kita ketahui bukan berati tak terjadi dan apa yang tak terlihat bukan berarti selalu tidak nyata. saya percaya manusia mampu menjelajah waktu seperti manusia mampu keluar angkasa seperti saat ini. seseorang tak akan pernah mempercayainya kalau mereka tak paham,paham adalah kunci mempercayai sesuatu,jadi pahamilah apa yg ada di sekeliling kita supaya kita tau dan percaya apa yg sebenarnya terjadi saat ini,masa lalu dan masa depan....

Entri Populer

Arsip Blog