gravatar

90an only. masa indahku yang sempat terkubur

inget ga lagu jinggle Seputar Indonesia itu lagunya judulnya "Betawi" oleh Bhaskara, lagu ini sempet menggugah kenangan saya atas tahun 90an dimana di era itu untuk orang orang kelahiran 85-90an adalah masa dimana kita masih bisa manja manjaan sama orang tua kita.
ketika menikmati alunan biola dari lagu ini saya merasa sedang ada di depan televisi 14' merek panasonic di ruang tengah berukuran 4x5 m di rumah kecil di tengah desa yang dingin di kota wonosobo. kenangan itu menggugah saya untuk kembali membuka kotak kenangan pada masa indah itu.

kalo ngomongin tahun 90an pasti ingatan saya langsung tertuju pada stasiun televisi negera TVRI ( karena di desa saya hanya bisa menerima siaran TVRI yang jelas gambarnya saat itu. hehehehe ). saat teringat TVRI, ingatan saya langsung teringat pada lagu rayuan pulau kelapa sebagai jinggle penutup acara televisi. waktu itu acara telivisi kalo tidak salah habis pukul 11.00. tiap dengar lagu itu saya seperti mendengar lagu nina bobok.

ada juga acara acara televisi yang masih saya ingat sampe sekarang (waktu itu hanya ada 3 stasiun televisi swasta dan TVRI )
seperti:

-ria jenaka (acara humor wayang orang di TVRI tiap hari minggu )


-album minggu (thame song nya cuma "album minggu...album minggu...album minggu kita....)


-kulonpencapir ( wah acara kuis ter MUTU menurut saya )

-cerdas cermat
-si unyil ( di remake sampe sekarang )

-kartun TAMIA di tvri ane lupa judulnya. ( mainannya baru bisa kebeli tahun 97nan )

masih pada inget ga acara acara itu? hehehehe.

tak berhenti sampe di acara televisi. saya juga masih mengingat mainan dan jajanan waktu itu yang sampe sekarang mungkin masih ada atau banyak juga yang perusahaanya gulung tikar. heheheh

inget ga sama permen karet YOSAN?


permen karet yang membuat gigi saya ompong waktu kecil gara gara terus terusan mengumpulkan huruf di bungkusnya sampe membentuk tulisan Y.O.S.A.N, konon jika bisa mengumpulkan itu kita bisa memenang kan mainan TAMIA dari filem seri yang waktu itu harganya (menurut saya selangit)

terus jajanan anak mas.


inget ga? waktu itu sempet dilarang karena kata ibu saya bikin ususnya jadi cacing

hummm jaman 90an juga mengingatkan saya sama mainan bis dan truk dari kayu. saya dulu pernah punya 2 mainan kesayangan saya ( sampe temen ga boleh pinjem sama sekali ). yang pertama mainan bis dari kayu, waktu itu model yang saya punya kalo ga salah model banteng, mainan saat itu detilnya bagus sekali. rodanya ada bulljointnya jadi bisa belak belok kalo ditarik pakai tali. saya inget banget ayah saya membuatkan livery dengan tulisan WIJAYA. dulu po favorite ane waktu masih kecil. satu lagi mainan truk mercy bagong merah ( pengen beli kalo masih ada yang simpen ). waktu tahun 92an. lagi booming banget di daerah saya (sama ga ya? ). saya dibelikan ayah saya yang gede bisa saya naikin di atasnya. (kalo sekarang pasti langsung gepeng). detilnya juga bagus banget. bahkan saya ingat ada gordenya juga.

ada juga mainan yang menurut saya ajaib ( waktu itu )
inget maenan ini gak?

mainan ini selalu saya beli kalo diajak ayah nonton wayang orang atau wayang kulit. setiap beli, habis dimaenin, karena saya selalu penasaran sama cara kerjanya selalu saya obrak abrik dan akhirnya rusak, lalu beli lagi. sampe numpuk banyak banget.

humm indahnya jaman itu, gak lupa juga sama bis yang dulu adalah bis terindah menurut saya . tentu saja bis ESTO dan MURNI, bis jurusan salatiga(suruh) - ambarawa. bisnya model kaya bus sekolah di amrik. kalo ga salah dodge atau ford. saya ingat sekali dulu lantainya aja terbuat dari kayu jati dan pintunya di belakang. setiap saya diajak pulang kampung ke salatiga saya HARUS diajak naik itu. kalo engga pasti saya demam sesampainya di salatiga . sekarang po MURNI udah ga ada lagi, dan sampe sekarang saya dan ndoro kakung masih mencari sisa bis tersebut di simpan/didongkrokan dimana.
pernah saya bercita cita jika punya uang akan merestorasi bis ini dan saya jadikan musium hidup bismania ( amin ya robal alamin ).

courtesy gambar
anak mas : http://dimasdhea.com
si unyil : http://4.bp.blogspot.com
ria jenaka : http://img.youtube.com
album mingggu : http://img.youtube.com
permen YOSAN : http://katakdankodokbersaudara.files.wordpress.com
mainan ajaib : http://www.oocities.com/purnawankristanto
tamiya : http://www.si-mamat.co.cc

Entri Populer

Arsip Blog